manfaat temulawak

6 Manfaat Temulawak Untuk Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Rempah-rempah asli Indonesia yang tumbuh subur di Pulau Jawa dan Madura ini merupakan tanaman obat yang masih tergolong dalam suku temu-temuan. Dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza, temulawak yang mampu hidup pada daerah dengan ketinggian 1500 mdpl tersebut juga memiliki rimpang yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tanaman yang kini dibudidayakan di Thailand, Malaysia, dan Filipina ini ternyata memiliki kandungan nutrisi dan senyawa kimia yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Adapun kandungan dalam rimpang temulawak antara lain minyak atsiri, kurkumin, zat tepung, protein, karbohidrat, glukosida dan masih banyak lagi.

Selain sebagai penghangat badan, manfaat temulawak untuk kesehatan juga sangat beragam, berikut beberapa diantaranya:

1. Meredakan Radang Sendi

temulawak untuk mengobati nyeri sendi

Temulawak yang mengandung kurkumin mampu mengurangi rasa nyeri pada radang sendi, dimana setara dengan 100 mg fenibutazon. Bahkan di India, penggunaan temulawak untuk mencegah dan mengobati peradangan telah digunakan sejak ribuan tahun lalu.

Manfaat temulawak lain untuk peradangan juga dibuktikan oleh sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine pada tahun 2009 lalu, dimana pasien yang mengalami radang sendi lutut berkurang rasa sakitnya setelah mengonsumsi ekstrak temulawak dan ibuprofen selama 6 minggu.

Cara kerja temulawak tersebut yakni dengan menghambat perpindahan sel leukosit menuju daerah radang atau menghambat transportasi mediator dan pembentukan radang, yakni prostagaldin. Hasil uji coba tersebut juga terbukti sangat efektif dan tanpa efek samping.

2. Memelihara Fungsi Hati

temulawak untuk memelihara fungsi hati

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk memelihara kesehatan fungsi hati. Hari yang merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi hormon, menetralisir racun, dan lain-lain memang benar-benar harus dijaga kesehatannya.

BACA JUGA:  12 Ciri Madu Asli dan Khasiat Madu Asli untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan katagoga di dalamnya, khasiat temulawak mampu menjaga fungsi hati karena senyawa tersebut dapat memproduksi empedu serta merangsang pengosongan isi kantung empedu.

Dalam sebuah uji klinik, ditemukan bahwa temulawak menghasilkan enzim yang berguna untuk menurunkan kadar SGPT dan SGOT dengan dosis antara 15-30 mg kurkumin.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

pencernaan lancar dengan mengkonsumsi temulawak

Sistem pencernaan yang kurang lancar akan membuat tubuh terganggu dan kurang nyaman. Nah, dengan mengonsumsi jamu temulawak, akan membantu merangsang produksi empedu dalam kantong empedu, dimana akan berfungsi untuk meningkatkan pencernaan.

Manfaat temulawak tersebut mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti kembung, gas, dispepsia, dan gangguan pencernaan lainnya.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology pada tahun 2006 lalu, menunjukkan bahwa pasien diberikan suplemen temulawak tersebut mengalami tingkat kekambuhan lebih rendah terhadap masalah pencernaan.

4. Mencegah Kanker

temulawak untuk mencegah kanker

Pada sebuah studi yang dalam jurnal ilmiah “The Prostat” yang diterbitkan pada tauhn 2001 lalu, membuktikan bahwa kandungan kurkumin dalam temulawak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat secara signifikan serta berpotensi dalam mencegah perkembangan sel kanker lainnya.

Manfaat temulawak dalam melawan kanker juga didukung oleh studi yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center yang menjelaskan bahwa tanaman herbal mampu bekerja dalam menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memicu pertumbuhan kanker.

5. Menurunkan Kolesterol

menurunkan kolesterol dengan minum temulawak

Kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi tentu harus segera ditangani agar tidak memicu munculnya penyakit lain.

Nah, dengan kandungan kurkuminnya, khasiat temulawak mampu mengontrol kadar kolesterol sehingga bisa tetap stabil.

Untuk hasil optimal, konsumsilah air rebusan temulawak atau jamu temulawak secara rutin.

6. Mengobati Hepatitis

temulawak untuk mencegah hepatitis

Manfaat temulawak berikutnya yaitu mampu mengobati hepatitis. Penyakit hepatitis yang terjadi karena peradangan pada hati tersebut bisa dicegah dan diobati dengan ramuan herbal temulawak.

BACA JUGA:  8 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh Hingga Kecantikan Wajah

Minyak atsiri dan kurkumin dalam temulawak mampu mengatasi hepatitis secara efektif karena efek hepatoprotektor yang diberikan oleh temulawak.

Adapun cara pengolahan temulawak untuk penyakit hepatitis, yaitu:

  • Siapkan 10 gram ruas temulawak, daun sambiloto kering, temu mangga, meniran, kunyit, dan ciplukan kering
  • Kemudian cuci bersih semua bahan, dan parut hingga halus temulawak, temu mangga dan kunyit
  • Campurkan parutan tersebut dengan daun sambiloto, meniran, dan ciplukan kering
  • Rebus semua bahan dengan 2 gelas air dan sisakan hingga 1,5 gelas saja
  • Angkat, lalu saring ampasnya
  • Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari dengan setengah gelas sekali minum.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat sendiri ramuan temulawak tersebut, jangan khawatir karena temulawak tersebut sangat mudah dijumpai.

Sedangkan untuk harganya sangatlah beragam, tetapi rata-rata harga temulawak berkisar antara Rp. 19.500-Rp. 70.000 per kilonya.

Selain manfaat temulawak yang sangat beragam, temulawak tersebut juga bisa dikonsumsi dengan beragam olahan sesuai dengan selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *