manfaat jahe untuk kesehatan dan khasiatnya

8 Manfaat Jahe Mulai dari Kesehatan Hingga Kecantikan Kulit Wajah

Rempah-rempah asal dari India yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale tersebut merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat populer di Indonesia karena kegunaannya yang beragam.

Dihasilkan dari tanaman yang mampu tumbuh hingga 100 cm, rimpang dari tanaman jahe tersebut memiliki daging yang berwarna kuning hingga warna kemerahan.

Rempah-rempah dengan bau yang menyengat dan rasanya yang pedas tersebut memang lebih dikenal sebagai ramuan tradisional untuk menghangatkan tubuh karena kandungan zingeronnya.

Namun selain itu, manfaat jahe juga sangat beragam karena kandungan nutrisi dan senyawa di dalamnya seperti vitamin B6, dan vitamin C, zat monoterpena, zat seskuiterpena dan lain-lain.

Adapun khasiat jahe sebagai ramuan herbal yang aman, antara lain:

1. Mengurangi Mual

cara menghilangkan mual dengan jahe

Mual merupakan suatu kondisi yang memberikan rasa tidak nyaman dan sensasi ingin muntah atau mengeluarkan makanan dari dalam perut. Mual tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti morning sickness, efek samping dari pengobatan kanker, vertigo, dan lain-lain.

Dengan kandungan zat anti emetik atau zat anti mual, manfaat jahe mampu meredakan dan mengatasi mual bahkan pada ibu hamil atau saat tengah mabuk perjalanan. Untuk pengobatannya, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi minuman.

2. Meredakan Rasa Sakit

jahe untuk meredakan rasa sakit

Manfaat jahe selanjutnya yakni mampu meredakan rasa nyeri atau rasa sakit. Bahkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi suplemen jahe setiap harinya mampu mengurangi rasa sakit hingga 25% pada otot yang kelelahan karena olahraga.

Jahe juga mampu meredakan sakit akibat dysmenorrhea. Selain itu, menurut sebuah penelitian, rasa nyeri pada 60% wanita saat menstruasi juga akan berkurang setelah mengonsumsi ramuan herbal tersebut.

BACA JUGA:  8 Khasiat Madu Hitam yang Ampuh untuk Mengatasi Berbagai Macam Gangguan Kesehatan

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

pencernaan lancar dengan mengkonsumsi temulawak

Khasiat jahe dalam mengatasi masalah pencernaan telah sangat dikenal dari generasi ke generasi. Hal tersebut karena di dalam jahe terkandung konsentrasi serat yang tinggi yang mampu meningkatkan fungsi kerja usus serta menyerap nutrisi dalam jumlah tinggi serta menghilangkan racun dalam tubuh.

Tidak hanya itu, manfaat jahe dengan kandungan phenolic-nya juga mampu menstimulasi air liur, meredakan gejala akibat iritasi gastrointestinal, mencegah kontraksi perut, serta membantu proses pencernaan makanan dan minuman.

4. Mencegah Kanker

temulawak untuk mencegah kanker

Dari sekian banyaknya kandungan senyawa dalam jahe, beberapa diantaranya seperti senyawa phytonutrient dan gingerol mampu melindungi Anda dari penyakit kanker. Khususnya dalam menghambat perkembangan sel kanker usus besar.

Pada sebuah percobaan yang dilakukan oleh University of Minnesota pada sekelompok tikus, hingga hari ke 49, tikus yang menderita tumor usus besar yang sudah diberi gingerol mampu bertahan hidup dan ukuran tumornya setengah dari tumor tikus yang tidak diberi gingerol.

Senyawa gingerol tersebut juga dinilai mampu menghambat penyebaran dan semakin bertambah parahnya sel tumor tidak bisa lagi dioperasi.

5. Sebagai Detoksifikasi

keringat detoksifikai manfaat jahe

Manfaat jahe untuk menghangatkan badan memang sudah tidak diragukan lagi. Nah dengan suhu tubuh yang hangat, keringat pun akan terpicu untuk keluar, dimana keluarnya keringat tersebut sangat diperlukan saat Anda tengah demam maupun flu.

Keluarnya keringat tersebut juga membantu tubuh dalam proses detoksifikasi dan mengeluarkan mikroorganisme penyebab infeksi pada kulit.

6. Anti Peradangan dan Inflamasi

jahe untuk mengobati nyeri sendi

Zat gingerol dalam jahe yang bersifat antioksidan dan inflamasi juga bisa berperan sebagai anti peradangan dan anti inflamatori. Oleh karena itu, dijelaskan bahwa seseorang yang menderita sakit persendian seperti rematik ataupun osteoarthritis, rasa sakitnya akan berkurang setelah mereka mengonsumsi jahe secara rutin.

BACA JUGA:  6 Manfaat Temulawak Untuk Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Selain meredakan rasa sakit tersebut, manfaat jahe juga mampu untuk mengurangi pembengkakkan pada bagian tubuh yang sakit.

7. Menurunkan Berat Badan

jahe untuk menurunkan berat badan

Bagi Anda yang tengah menjalankan program diet, Anda bisa memanfaatkan air rebusan jahe.

Karena menurut sebuah studi, yang dilakukan oleh Institute for Human Nutrition di Columbia University menunjukkan bahwa rajin mengonsumsi jahe panas mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga porsi makan pun nantinya akan berkurang.

Selain membuat kenyang, ternyata manfaat jahe juga mampu menekan nafsu makan Anda.

Hal tersebut terjadi karena jahe mampu membakar kalori lebih banyak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh.

8. Sebagai Masker Wajah

cara membuat masker wajah dari jahe

Tidak hanya untuk kesehatan, manfaat jahe untuk wajah juga sangat beragam. Dengan kandungan antioksidan dan nutrisi yang tinggi, jahe mampu mengatasi beragam masalah kecantikan pada wajah, seperti kulit berminyak, bekas luka, kantung mata, wajah berjerawat, noda hitam pada wajah, serta masih banyak lagi.

Untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga bisa mencampur jahe dengan madu. Karena khasiat jahe dan madu mampu digunakan sebagai perawatan wajah yang alami dan tentunya sangat terjangkau.

Namun bagi Anda yang kuran mengurangi jahe dengan direbus, Anda tetap bisa mengonsumsinya dengan berbagai macam olahan, seperti awetan jahe, minyak jahe, dan lain-lain.

Jangan khawatir, karena manfaat jahe akan tetap ampuh meski dalam berbagai olahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *