manfaat jahe merah untuk kesehatan

8 Manfaat Jahe Merah untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Secara Alami

Pada sebagian orang jahe merah mungkin masih terdengar sedikit asing, karena di Indonesia sendiri memang lebih populer pemanfaatan jahe putih ataupun jahe gajah ketimbang jahe merah.

Jahe merah yang memiliki nama latin Zingiberaceae Officinale Rose tersebut juga memiliki karakteristik utama dengan rasanya yang lebih pedas dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Tidak hanya di Indonesia, pemanfaatan rempah yang batangnya mampu tumbuh hingga 1 meter ini juga digunakan di China dan India sebagai obat herbal karena kandungan fitokimia yang berada diyakini bisa mengatasi berbagai macam penyakit.

Seperti halnya jenis jahe lainnya, manfaat jahe merah juga sangat beragam karena mengandung nutrisi dan senyawa kimia di dalamnya, seperti karbohidrat, serat, gula, protein, lemak, air, vitamin B, C, dan E, kalium, magnesium, mangan kalsium, gingerol, farnesol,arginine, serta masih banyak senyawa lainnya.

Adapun khasiat jahe merah untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Mengobati Radang Otot

radang otot dengan jahe merah

Dalam jahe merah, terdapat banyak kandungan yang berperan sebagai anti peradangan, baik untuk melawan peradangan ringan hingga peradangan akut.

Senyawa aktif dalam jahe seperti zingeron, gingerol, dan gingerdione dinilai mampu menghambat perkembangan enzim lipoksigenase dan siklooksigenase.

Sehingga kadar prostaglandin dan leukotrien yang memicu peradangan akan menurun.

Manfaat jahe merah dengan kandungan oleoresin yang tinggi dibandingkan jenis jahe lainnya, mampu mengatasi peradangan lebih cepat. Bahkan pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology menunjukkan bahwa dengan ekstrak jahe gejala osteoarthritis akan berkurang.

2. Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

jahe merah untuk kesuburan pria

Pada beberapa penelitian, disimpulkan bahwa jahe mampu meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan jumlah hormon testosteron.

Hal tersebut karena kandungan antioksidan dan aktivitas androgenik pada jahe merah, sehingga manfaat jahe merah mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

BACA JUGA:  6 Manfaat Temulawak Untuk Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Hal ini akan menambah kepercayaan pria saat berhubungan intin dengan istri, dan memperlancar terjadinya proses pembuahan.

3. Melancarkan Pencernaan

pencernaan lancar dengan mengkonsumsi temulawak

Khasiat jahe merah lainnya yakni mampu mencegah sekaligus mengatasi masalah pencernaan. Ekstrak minyak jahe merahnya mampu melindungi dan menjaga sistem pencernaan dari virus dan bakteri, sehingga Anda akan terhindar dari masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut.

Bahkan jahe merah memiliki agen antibakteri yang bisa melawan bakteri jahat, seperti Salmonella enteriditis, Staphylococcusaureus dan Escherichia coli.

Selain untuk pencernaan, jika jahe merah tersebut ditambahkan dalam makanan, maka akan melindungi makanan sehingga Anda tidak akan keracunan akibat bakteri. Sensasi hangat yang diberikan oleh jahe merah juga mampu menenangkan pencernaan Anda.

4. Menambah Nafsu Makan

beras kencur menambah nafsu makan

Manfaat jahe merah juga sangat berperan penting untuk anak-anak. Seperti halnya jenis jahe lainnya, jahe merah mampu membantu menambah nafsu makan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Kondisi tubuh yang hangat dan lambung yang sehat akan membuat Anda menjadi lebih berselera untuk makan.

5. Menghangatkan Badan

minum air jahe hangat untuk hidup lebih sehat

Nah, khasiat jahe merah yang paling terkenal adalah untuk menghangatkan tubuh. Jika Anda tengah merasa kedinginan, baik karena sakit maupun karena cuaca yang dingin, Anda bisa menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi ramuan jahe merah.

Cara mengolah ramuannya juga cukup mudah, yakni:

  • Siapkan jahe merah yang sudah cukup tua lalu cuci bersih
  • Kemudian rebuslah dalam air putih hingga mendidih
  • Bagi Anda yang kurang menyukai rasa dan aroma jahe, Anda bisa mencampurnya dengan susu atau gula sesuai dengan selera
  • Setelah itu, minumlah selagi masih hangat

6. Mengobati Sakit Maag

madu hitam untuk sakit maag

Manfaat jahe merah juga sangat baik untuk Anda penderita maag. Di Indonesia sendiri, penyakit maag tersebut seakan sudah sangat lumrah terjadi karena hampir sebagian besar penduduk di kota-kota besar mengalaminya.

BACA JUGA:  8 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh Hingga Kecantikan Wajah

Meski tidak mematikan, namun jika penyakit maag tersebut tidak segera ditangani akan menjadi maag akut yang cukup berbahaya.

Dengan rutin mengonsumsi jahe merah, asam lambung Anda akan stabil dan juga jahe merah mampu menebalkan dinding lambung yang sudah tipis, sehingga penyakit maag perlahan akan sembuh.

7. Meredakan Batuk

meredakan batuk dengan madu

Batuk yang disebabkan oleh bakteri dan virus bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Nah, dengan kandungan minyak atsirinya jahe merah bisa meredakan pada anak-anak dan orang dewasa.

Cukup mengonsumsi air rebusan jahe merah secara rutin setiap pagi dan sore, batuk Anda perlahan akan hilang.

8. Mengontrol Tekanan Darah

menurunkan kolesterol dengan minum temulawak

Manfaat jahe merah selanjutnya juga mampu membantu menetralkan tekanan darah.

Baik tekanan darah yang rendah ataupun tekanan darah tinggi yang bisa memicu stroke dan penyakit jantung tersebut akan distabilkan dengan rebusan jahe merah.

Selain mudah dalam mengolahnya, harga jahe merah juga cukup terjangkau, yakni berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 17.000 per kilogramnya.

Harga tersebut cukup terjangkau bila dibandingkan dengan banyaknya manfaat jahe merah dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *