cara membedakan madu asli dan yang palsu

12 Ciri Madu Asli dan Khasiat Madu Asli untuk Kesehatan Tubuh

Madu dengan beragam kandungan senyawa kimia dan nutrisi yang tinggi di dalamnya memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh.Madu yang merupakan bahan nektar yang diambil oleh lebah atau serangga dari bunga memiliki beberapa tahapan untuk menjadi madu murni, yakni mulai dari proses fermentasi oleh enzim hingga hanya tersisa madu murni atau madu asli saja.

Khasiat madu asli tersebut telah dipercaya dan dipergunakan untuk kesehatan maupun kecantikan. Dengan semakin banyaknya kebutuhan masyarakat akan madu, sayangnya ada pula oknum tidak bertanggung jawab yang malah mengedarkan madu palsu atau bukan madu asli.

Nah, bagi Anda yang ingin mengonsumsi madu asli, agar tidak tertipu, yuk, kenali ciri madu asli berikut ini:

1. Berwarna Coklat Keemasan

Madu asli memiliki warna yang coklat keemasan dan terlihat sangat pekat atau kental. Namun jika Anda hanya melihat dari warnanya, terkadang masih bisa tertipu.

Karena kini banyak juga madu palsu yang beredar dengan warna atau bentuk fisik yang sangat mirip dengan madu asli, sehingga cukup sulit untuk dibedakan.

2. Madu Asli Akan Tenggelam di Dalam Air

Ciri madu asli lainnya bisa Anda ketahui dengan melakukan percobaan. Masukkan sedikit saja madu murni tersebut ke dalam gelas berisi air putih, jika madu tersebut tenggelam atau mengendap di dasar gelas, berarti madu tersebut adalah madu asli.

Namun jika madu tersebut melayang-melayang atau terapung di air, kemungkinan besar itu adalah madu palsu.

3. Meleleh Perlahan dan Tidak Lengket di Kulit

Anda bisa melakukan uji coba lainnya untuk mengetahui keaslian madu tersebut.

Cukup jatuhkan atau teteskan madu tersebut. Jika madu menetes dengan perlahan berarti madu tersebut merupakan madu asli. Karena ciri madu asli akan sulit terpisah dari sumbernya.

BACA JUGA:  8 Manfaat Sambiloto untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan Tubuh

Untuk madu palsu atau madu campuran, biasanya akan sangat lengket di kulit, sedangkan madu asli tidak lengket.

4. Tidak Membeku Dalam Freezer

Ciri madu asli selanjutnya yakni tidak mudah membeku meskipun dimasukkan dalam freezer.

Madu yang palsu biasanya memiliki kadar air dan gula yang tinggi di dalamnya sehingga sangat mudah membeku dalam freezer.

5. Tidak Mengandung Air

Madu asli berasal dari nektar, sehingga tidak mengandung air. Untuk membuktikannya Anda bisa menuangkan madu di atas kertas.

Jika kertas tersebut tidak berubah karena basah, berarti itu adalah madu asli.

6. Saat Dipanaskan Akan Menghasilkan Gelembung

Madu palsu biasanya memiliki campuran kadar gula yang tinggi, sehingga saat dipanaskan bukannya bergelembung malah akan menghasilkan buih-buih.

7. Tetesan Madu Tidak Putus-Putus

Ciri madu asli memiliki tingkat kekentalan yang sangat tinggi, sehingga jika Anda mencelupkan sendok atau benda dalam madu tersebut, saat diangkat tetesanya tidak putus-putus, maka berarti itu adalah madu murni.

8. Memiliki pH Antara 3,4-4,5

Untuk mengetahui keaslian madu tersebut Anda bisa menggunakan alat untuk mengukur tingkat keasaman suatu zat.

Untuk madu asli memiliki pH atau tingkat keasaman antara 3,4-4,5, sedangkan untuk madu palsu biasanya memiliki pH antara 2,4-3,3 atau bisa di atas 5.

9. Tidak Akan Kering Meski Dijemur

Sekalipun Anda jemur di bawah sinar matahari secara langsung, jika madu tersebut adalah madu asli, maka tidak akan mengering. Namun jika saat dijemur akan meninggalkan kerak, maka kemungkinan itu adalah madu palsu.

10. Tidak Dikerumuni Semut

Ciri madu asli lainnya juga bisa dilihat secara kasat mata. Cukup letakkan madu Anda di tempat terbuka, jika tidak ada semut yang mendekat, berarti madu tersebut asli.

BACA JUGA:  8 Manfaat Jahe Mulai dari Kesehatan Hingga Kecantikan Kulit Wajah

Karena enzim murni dalam madu asli aromanya sangatlah kuat, sehingga tidak disukai semut.

11. Tidak Meninggalkan Noda Pada Kain

Jika baju atau kain Anda yang terkena tetesan madu tapi bisa dibersihkan sempurna (tidak meninggalkan noda) berarti madu tersebut merupakan madu asli.

12. Uji Coba Dengan Korek Api

Uji coba lainnya untuk mengetahui keaslian madu cukuplah mudah. Karena sifat pada madu asli tidak merusak kepala korek api. Jika kepala batang korek api yang terkena madu masih bisa dinyalakan, berarti itu adalah madu yang asli.
Adapun untuk kegunaannya, khasiat madu asli sangatlah beragam.

Beberapa manfaat madu murni untuk kesehatan antara lain:
1. Meningkatkan Stamina
2. Meringankan Alergi
3. Meningkatkan Daya Ingat
4. Mengatasi Insomnia
5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
6. Menghilangkan Ketombe
7. Berperan Sebagai Antikanker
8. Meningkatkan Kesuburan
9. Menurunkan Kolesterol
10. Mencegah Diabetes

Sedangkan untuk harganya sangatlah beragam, namun pada umumnya untuk harga madu asli kemasan dengan ukuran 500 gram biasanya dibanderol dengan harga Rp. 115.000,-.

Agar madu asli benar-benar berkhasiat, tak ada salahnya sebelum membeli Anda mengetahui ciri madu asli dengan melakukan sedikit percobaan mudah supaya tidak tertipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *